Cat merupakan salah satu bagian utama dari penampilan sebuah mobil. Warna memberikan nilai kepribadian pada mobil tetapi kualitas cat memberikan faktor mewah (elegant) pada mobil kesayangan anda.

Ada dua jenis bahan dasar cat yang biasa digunakan dalam pengecatan sebuah mobil. Pertama, adalah NC (Nitro Cellulose), kedua, adalah PU (Poly Urethane). Sesuai dengan sifat dasarnya, NC biasanya digunakan untuk mobil-mobil sederhana, seperti pickup, truck  angkutan umum, dsb., sementara PU untuk mobil mewah seperti kendaraan pribadi.

Contoh dari cat NC adalah cat Kuda Terbang sedangkan jenis PU adalah Spies Hecker. Masih banyak merk-merk lain dapat ditemukan di pasaran dengan kualitas yang berbeda walaupun sama jenisnya. Tetapi kedua merk inilah yang paling banyak ditemukan di pasaran.

Bahan dasar NC.

Merupakan bahan cat yang murah dan mempunyai beberapa kelemahan mendasar; antara lain kurang mengkilat (glossy) dan cepat pudar. Namun jenis ini memiliki keunggulan yang cukup memikat yaitu sifatnya yang ‘instant’. Tidak perlu menunggu lama, cukup beberapa menit mobil yang dicat bisa dipakai kembali. Oleh karena itu cat ini menjadi pilihan favorit bengkel-bengkel kecil yang biasa menangani kendaraan non-pribadi.

Bahan dasar PU.

Merupakan bahan cat yang mahal. cat PU biasanya disebut dengan cat oven karena proses pengeringannya memakai oven. Tanpa teknik oven proses pengeringan memakan waktu lama dan sering membuat kendala tersendiri. Tetapi dengan menggunakan teknik oven, proses pengeringan hanya butuh 60 menit saja. Beberapa kelebihan cat PU dibandingkan cat NC antara lain memiliki daya kilat yang tinggi, daya tutup bagus dan keras, lebih tahan terhadap goresan, dan tahan lama. Bagi pemilik kendaraan yang mengutamakan kualitas, sudah pasti cat jenis inilah yang dipilih meskipun ia harus membayar mahal. Biasanya mobil baru dari pabrik menggunakan bahan dasar PU dan dapat bertahan hingga tahunan.

Keawetan cat mobil ditentukan juga dengan bagaimana cara anda merawat dan melindungi cat body kendaraan anda agar terbebas dari berbagai masalah. Sayangnya pemilik mobil pada umumnya minim informasi sehingga sering kali tidak sadar bahwa yang dilakukannya dapat berakibat buruk pada mobilnya. Misalnya saja dengan menggunakan obat poles.

Banyak pemilik mobil memilih menggunakan obat poles untuk menjaga kualitas cat mobilnya. Memang, dengan cara ini hasilnya akan langsung terlihat. Namun lama-kelamaan obat poles itu justru akan memudarkan cat mobil. Hal ini dikarenakan campuran bahan kimia yang dikandung obat poles tersebut. Sepintas, mobil terlihat berkilau. Namun, jika berisiko terhadap kerusakan cat mobil, sebaiknya dihindari dari awal.

Artikel diambil dari situsotomotif.com

Link : http://www.situsotomotif.com/smart-driver/general-tips/cat-mobil-harga-mahal-vs-harga-murah

Recent Gallery
im000650 im000287 im000250 im000153